Selasa, 08 Januari 2013

Menu APLIKASI














Menu APLIKASI terdiri dari submenu :

a. Logout
   Sub menu “Logout” berfungsi untuk keluar dari aplikasi, tapi belum menutup file.

b. Ubah Password
    Sub menu “Ubah Password” berfungsi untuk mengubah password. Jika tombol sub menu “Ubah Password” ditekan maka akan muncul form dibawah ini.

Untuk mengganti password, silahkan ketik
- Password lama : admin
- Password baru : (silahkan ketik password baru yang diinginkan)
- Konfirmasi Password Baru  : (Ketik kembali password baru yang diinginkan)




c. Simpan File
    Sub menu “Simpan File” berfungsi untuk menyimpan file aplikasi. Untuk mempercepat kerja sistem Sua_Soft Accounting, aplikasi tidak dibuat menyimpan secara otomatis. Jadi, setiap inputan transaksi pembukuan belum tersimpan jikalau anda belum menyimpannya di menu APLIKASI>Simpan File.

d. Migrasi Sistem
    Agar Aplikasi Sua_Soft Accounting dapat dipakai sepanjang zaman, dibuatlah sub menu yang disebut “Migrasi Sistem”. Sub menu ini berfungsi untuk membuat file baru (Save As) jika inputan transaksi sudah melebihi 10.000 baris, dengan meng-CutOff (memotong) histori/buku besar atau mutasi akun/Ledger/COA, dimana saldo terakhir akun/ledger/COA menjadi saldo awal. Kenapa Sua_Soft Accounting dibatasi hanya 10.000 baris saja? Karena, setelah melakukan uji coba berulang kali, kalkulasi Ms. Excel akan lebih cepat dan akurat jika data yang diolah tidak lebih dari 15.000 baris. Tapi dalam Sua_Soft Accounting, database dibatasi menjadi 10.000 baris saja adalah untuk lebih berhati-hati. Jadi, jika pemakaian database sudah lebih dari 10.000 baris, maka tidak bisa melakukan inputan lagi. Untuk melihat sudah berapa baris database terpakai, bisa dilihat di bagian bawah sebelah kiri “form depan” aplikasi. Dibawah ini gambarnya.


















Jika database belum terpakai lebih dari 10.000 baris, maka ketika kita memilih sub menu “Migrasi Sistem” akan muncul pesan dibawah ini.








Namun jika database sudah terpakai lebih dari 10.000 baris, maka migrasi sistem dapat dijalankan. Setelah di”migrasi”, maka akan terbentuk file baru dengan Nama dengan format Sua_Soft Accounting-M[(tahun)(bulan)(tanggal)(Jam)(Menit)(Detik)].xls
Contoh : Sua_Soft Accounting-M20121224214205.xls (lihat gambar dibawah ini)









File hasil “Migrasi Sistem” juga bisa diubah namanya (rename), namun harus diawali dengan Sua_Soft Accounting. Misal : Sua_Soft Accounting II.xls

Gambar dibawah ini adalah contoh tampilan mutasi “Kas” sebelum migrasi yang berada di file lama (Sua_Soft Accounting.xls)












Dan dibawah ini contoh tampilan mutasi “Kas” setelah migrasi yang berada di file baru (Sua_Soft Accounting-M20121224214205.xls)










e. Hide
      Sub menu “Hide” berfungsi untuk menyembunyikan form aplikasi, agar bisa melihat workbook lain. Sub menu ini digunakan ketika mau mencetak Laporan, baik itu Neraca, Laba Rugi, Buku Besar, dan Daftar Transaksi. Untuk kembali ke form Aplikasi Akuntansi, klik tombol “Sua_Soft Accounting”.












f. Keluar
   Sub menu “Keluar” berfungsi untuk keluar dari aplikasi, menyimpan dan menutup file.




6 komentar:

  1. assalammualaikum ustad..saya yudis kru muamalat balaikota mantap ustad programnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wslm, Alhamdulillah, semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Asslmkmwrwb. Saya Dodi untuk mendapatkan aplikasinya bgmn Ustadz? apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus

Alat Musik