Rabu, 17 Februari 2016

Kuat dalam Keuangan

" Orang yg kuat dalam hal keuangan, maka اَللّهُ  tidak akan menguji dengan masalah keuangan " Ustadz Rahmat Abdullah.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹

Ikhwahfillah, demikian pentingnya kita kuat dalam hal keuangan ini,  sehingga Alm Ustadz Rahmat mewasiatkan hal demikian. Demikian pula hasil penelitian terhadap orang-orang yg kaya, ternyata mereka adalah orang-orang yg cerdas dalam hal keuangan. Untuk itu sangat urgen buat seorang al akh untuk mempelajari tentang bagaimana cara cerdas dalam hal keuangan ini.

Berikut ini adalah cara bagaimana untuk mengelola keuangan yg disampaikan Bpk Heppy Trenggono, seorang pengusaha nasional, yg giat mengkampanyekan beli Indonesia :
1. 10 % dari penghasilan untuk sedekah.
2. 10 % dari penghasilan untuk tabungan investasi.
3. Secukupnya Belanja buat keluarga
4. Membayar cicilan dan keperluan lain-lain.

Kita bahas dulu satu persatu.
Kenapa kita perlu bersedekah 10%, karena inilah tabungan buat hari ahir kita dan sedekah ini telah اَللّهُ  janjikan akan dibalas 10-700 x lipat sesuai dengan kehendak اَللّهُ . Sedekah inilah yg akan menjaga usaha kita, اَللّهُ  akan lindungi kita dari musibah, bala bencana dan penyakit.

Kedua kenapa kita perlu menabung 10% buat tabungan investasi? Karena ini untuk masa depan kita. 10% nilainya kecil kalau dihitung perbulan, tapi saat dikumpulkan dalam 5 tahun, ini akan luar biasa jumlahnya, akan bisa untuk membuat usaha baru atau investasi dalam berbentuk aset.

Ketiga, secukupnya buat keluarga, ini untuk penjagaan saat sekarang, agar keluarga terpenuhi sehingga keluarga bisa tenang dan tentram. Saat tenang, saat itu pula seorang pengusaha bisa berpikir logis dan terarah.

Keempat, sisa dari 3 point diatas untuk membeli keperluan-keperluan lain ataupun buat membayar cicilan pribadi dan lain-lain.

Demikianlah cara cerdas untuk mengelola keuangan, dan yg terpenting adalah disiplin untuk melaksanakannya. Karena apalah artinya pengetahuan tanpa diiringi amal-amal yg nyata, mungutip nasehat imam Syahid Hasan Albanna.

Oya, terahir, untuk melaksanakan point-point diatas, ada contoh sederhana dari seorang sahabat yg telah sukses dalam usahanya. Beliau mencari kaleng susu bekas, kemudian menutup atasnya dan melobangi, membuat kencleng-kencleng buat poit-point diatas. Ini istiqomah beliau lakukan sehingga اَللّهُ  kuatkan beliau dalam  hal finansial. Demikianlah, semoga bermanfaat.

Uhibbukumfillah

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹

Sekretariat Genpro Bandung Raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alat Musik