MAU PINJAM MODAL?? SIAPKAN INI DULU

Salam Pengusaha,

Kalau ditanya, apakah anda mau berhutang???
Pasti kita semua tidak mau berhutang.

Untuk mengembangkan bisnis, terkadang diperlukan tambahan modal baik berupa dana atau barang. Jika kita tidak mempunyai modal sendiri, tentu kita akan berhutang.

Biasanya pihak lain yang memberi hutang, jarang yang tidak menginginkan bagi hasil dari dana/barang yang dikucurkannya. Pihak tersebut akan melihat karakter (cth : kejujuran, kemampuan (cth : manajemen) diri/usaha, dan prospektivitas ke depan. Pihak tersebut bisa investor atau Bank.

Investor/Bank memerlukan informasi yang akurat tentang usaha kita. Salah satu INFORMASI PENTING yang diperlukan pihak pemberi hutang adalah LAPORAN KEUANGAN USAHA. Tidak bisa kita mengatakan "LABA" tinggi tanpa dibuktikan data yang valid. Nah, ketika kita tidak bisa menampilkan data yang valid, bisa jadi pihak investor/bank akan melihat kita TIDAK PROFESIONAL. Kira-kira mereka percaya kita tidak??? atau kira-kira mereka mau tidak meminjamkan dananya ke kita??? Silahkan anda jawab sendiri. Apalagi untuk pembiayaan di Bank, pihak Bank mempersyaratkan Laporan Keuangan 2 Tahun Terakhir.

Maka dari itu, CATATLAH transaksi usaha anda mulai sekarang, manatau diperlukan dikemudian hari. Catatlah walau manual (tulis di buku). Atau kalau anda tidak mau repot, bisa juga menggunakan aplikasi keuangan OTOMATIS untuk menghemat waktu dan kertas. Banyak dijual aplikasi pembukuan yang beredar di pasaran, anda bisa sesuaikan dengan budget anda.

Misal, APLIKASI AKUNTANSI yang TERJANGKAU dan BERKUALITAS adalah Sua Soft Accounting dengan harga masih 200 ribu yang bisa dipelajari di disini .

YANG PENTING..... Jangan malas untuk mencatat, walau manual (tulis di buku)
INGAT.. Catat, catat, dan catat.

Sekian

0 Komentar