Bukan Hanya Tentang Uang


By : Jamil Azzaini


Bila suatu bisnis makin tergantung pada uang, maka semakin kecil kemungkinannya untuk sukses. (Mark McCormark)

Salah satu nikmat menjadi trainer adalah bisa berkenalan dengan banyak owner bisnis ternama. Pelajaran menarik yang saya dapat dari mereka adalah orang-orang yang bisnisnya terus berkembang ternyata fokus berpikirnya justru bukan uang.

Mereka punya value (nilai atau prinsip) yang mereka perjuangkan. Bisnis dan kehidupan mereka penuh gairah karena bisnis yang dijalaninya dalam rangka mewujudkan visi hidupnya. Bukan hanya itu, mereka menjalankan bisnis karena passionnya.

Nah, bagi Anda yang hendak terjun bisnis atau memulai bisnis saran saya ingat pesan Mark McComark tersebut di atas. Apabila Anda berpikir bahwa yang menentukan keberhasilan bisnis adalah modal dalam bentuk uang, maka lupakanlah menjadi pebisnis. Tetaplah jalani profesi Anda sebagai karyawan dengan baik.

Sementara bagi Anda yang sudah berbisnis dan fokus Anda hanya pada uang, uang dan uang, maka segera perbaiki mind set Anda. Ketahuilah bisnis yang bertahan lama itu sangat tergantung kepada value, visi, passion, inovasi dan kreativitas para pemiliknya. Kepuasan para pebisnis sejati bukan hanya pada uang yang mereka punya.

Orang yang hanya fokus pada uang atau keuntungan yang didapat menurut saya mereka bukan pebisnis tetapi spekulan. Para pebisnis berpikir jangka panjang bukan keuntungan sesaat. Oleh karena itu, jangan mudah percaya dengan tawaran investasi yang memberikan keuntungan besar karena biasanya itu ditawarkan oleh pebisnis abal-abal.

Simak dan pelajarilah perjalanan perusahaan-perusahaan besar kelas dunia. Mereka yang bertahan lama, ternyata bukan hanya bicara uang. Tetapi mereka bicara tentang “ruh” bisnis yang dijalaninya. Uang hanya alat makan, jangan sampai Anda diperalat oleh benda mati yang bernama uang.

Salam SuksesMulia!

0 Komentar